Remaja :
□ Adalah masa transisi secara psikologis dan sangat problematis
□ Adalah kelompok yang mudah dipengaruhi oleh media masa
□ Adalah sebagai individu dan masa pancaroba yang belum mempunyai penilaian
yang mendalam terhadap norma, etika dan agama
□ Adalah masa transisi secara psikologis dan sangat problematis
□ Adalah kelompok yang mudah dipengaruhi oleh media masa
□ Adalah sebagai individu dan masa pancaroba yang belum mempunyai penilaian
yang mendalam terhadap norma, etika dan agama
Anomi Remaja :
□ Enoch Markum : muncul akibat keanekaragaman dan kekaburan norma
□ Masyarakat yang mampu diharapakan untuk memberi jawaban, juga
dalam keadaan transisi
□ Dalam keadaan bingung mencari pegangan norma yang memberikan
kesempatan untuk menyimpang
□ Enoch Markum : muncul akibat keanekaragaman dan kekaburan norma
□ Masyarakat yang mampu diharapakan untuk memberi jawaban, juga
dalam keadaan transisi
□ Dalam keadaan bingung mencari pegangan norma yang memberikan
kesempatan untuk menyimpang
Orientasi Mendua :
□ Dr. Male : orientasi yang bertumpu pada harapan orang tua
□ Melahap semua informasi tanpa menyeleksinya terlebih dahulu
□ Dalam keadaan bimbang dapat menyebabkan mereka untuk mencoba bunuh diri
□ Dr. Male : orientasi yang bertumpu pada harapan orang tua
□ Melahap semua informasi tanpa menyeleksinya terlebih dahulu
□ Dalam keadaan bimbang dapat menyebabkan mereka untuk mencoba bunuh diri
Peran Media Masa :
□ Untuk memenuhi keinginan dan menyatakan identitas diri
□ Untuk membuktikan bahwa meraka bisa lepas dari orang tua
□ Memenuhi kebutuhan memperoleh aksesbilitas sasama remaja
□ Untuk memenuhi keinginan dan menyatakan identitas diri
□ Untuk membuktikan bahwa meraka bisa lepas dari orang tua
□ Memenuhi kebutuhan memperoleh aksesbilitas sasama remaja
PEMUDA DAN IDENTITAS
□ Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya tebebani bermavam harapan
□ Mempunyai masalah yang bervariasi
□ Potensi positif yang dapat dikembangkan
□ Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya tebebani bermavam harapan
□ Mempunyai masalah yang bervariasi
□ Potensi positif yang dapat dikembangkan
Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
1. Landasan Idiil : Pancasila
2. Landasan Konstitusional : UUD 1945
3. Landasan Strategis : Garis Besar Haluan Negara
4. Landasan Historis : Sumpah Pemuda 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan
5. Landasan Normatif : Etika, Tata Nilai, dan Tradisi Leluhur
1. Landasan Idiil : Pancasila
2. Landasan Konstitusional : UUD 1945
3. Landasan Strategis : Garis Besar Haluan Negara
4. Landasan Historis : Sumpah Pemuda 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan
5. Landasan Normatif : Etika, Tata Nilai, dan Tradisi Leluhur
Masalah Potensi Generasi Muda :
□ Menurunnya jiwa Idealisme, Patriotisme, dan Nasionalisme
□ Masa Depan yang kurang kepastian
□ Tidak seimbangnya generasi muda dan fasilitas pendidikan
□ Kurangnya lapangan pekerjaan
□ Maraknya perkawinan di bawah umur
□ Pergaulan bebas
□ Meningkatnya kenakalan remaja
□ Menurunnya jiwa Idealisme, Patriotisme, dan Nasionalisme
□ Masa Depan yang kurang kepastian
□ Tidak seimbangnya generasi muda dan fasilitas pendidikan
□ Kurangnya lapangan pekerjaan
□ Maraknya perkawinan di bawah umur
□ Pergaulan bebas
□ Meningkatnya kenakalan remaja
Potensi Generasi Muda :
□ Idealisme dan Kritis Dinamika Kreatifitas
□ Keberanian mengambil resiko dan Optimis
□ Kemandirian dan disiplin moral
□ Terdidik dalam kemampuan penguasaan ilmu dan Teknologi
□ Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
□ Patriotisme dan Nasionalis, dan Ksaria
□ Kemampuan penguasaan ilmu dan Teknologi
□ Idealisme dan Kritis Dinamika Kreatifitas
□ Keberanian mengambil resiko dan Optimis
□ Kemandirian dan disiplin moral
□ Terdidik dalam kemampuan penguasaan ilmu dan Teknologi
□ Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
□ Patriotisme dan Nasionalis, dan Ksaria
□ Kemampuan penguasaan ilmu dan Teknologi
Proses Sosialisasi
□ Proses membantu denagn belajar dan penyesuaian
□ Berawal dari Keluarga
□ Dari Lembaga : Keluarga, Sekolah dan Kelompok sebaya
□ Proses membantu denagn belajar dan penyesuaian
□ Berawal dari Keluarga
□ Dari Lembaga : Keluarga, Sekolah dan Kelompok sebaya
Tujuan Sosialisasi
1. Indivudu tersebut dapat diberi Ilmu Pengetahuan
2. Dapat berkomunikasi secara efektif untuk pengembangan dirinya
3. Mengendalikan funsi – funsi Organik
4. bertingkah laku secara selaras
1. Indivudu tersebut dapat diberi Ilmu Pengetahuan
2. Dapat berkomunikasi secara efektif untuk pengembangan dirinya
3. Mengendalikan funsi – funsi Organik
4. bertingkah laku secara selaras
Mengembangkan Potensi Generasi Muda
□ Mengadakan Proyek bersama ( dalam Hal ini adalah Mahasiswa)
□ Lomba Karya Ilmiah
□ Mengadakan Proyek bersama ( dalam Hal ini adalah Mahasiswa)
□ Lomba Karya Ilmiah
PERGURUAN DAN PENDIDIKAN
Pentingnya Mengenyam Bangku Pendidikan Tinggi
□ Pemuda harus mampu memiliki pengetahuan yang luas
□ Berbagai Etnis dan Suku Bangsa akan menyatu dalam bentuk AkulturasiPentingnya Mengenyam Bangku Pendidikan Tinggi
□ Pemuda harus mampu memiliki pengetahuan yang luas
□ Mempunyai pandangan yang lebih luas
0 comments
Silahkan Beri Komentar Saudara...